Sukses

Perompak Somalia Bebaskan Kapal Yunani

Perompak Somalia membebaskan sebuah kapal milik Yunani dan 24 awak asal Filipina setelah menyandera kapal tersebut sejak Januari lalu.

Liputan6.com, Nairobi: Perompak Somalia membebaskan sebuah kapal milik Yunani berisi 24 anggota awak asal Filipina setelah menyandera kapal tersebut sejak Januari lalu.

Menurut editor maritim untuk Somalia Report, Andrew Mwangura, kapal berbendera Siprus "Eagle MV" yang dibajak pada 17 Januari di Teluk Aden, sekitar 490 mil laut barat daya Oman, telah dibebaskan pada Sabtu (23/4) lalu. Kapal tersebut memiliki bobot 52.163 ton dan. Saat dibajak kapal tersebut tengah menuju Paradip (India) dari Aqabar (Yordania).

Para perompak Somalia belakangan ini memang meningkatkan aksi mereka di Samudra Hindia dan Teluk Aden. Namun, beberapa kasus pembajakan mereka berujung tanpa korban setelah tebusan dibayar, dengan negoisasi yang berlangsung berbulan-bulan.

Teluk Aden, yang terletak antara Somalia dan Yaman, merupakan rute laut perdagangan utama antara Eropa dan Asia. Banyak tanker yang membawa minyak Timur Tengah melalui Terusan Suez harus melewati melalui Teluk Aden terlebih dulu. (Xinhua/YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini