Sukses

Jepang Siapkan Dana Darurat

Pemerintah Jepang menyiapkan anggaran darurat sebesar 4 triliun yen atau sekitar US$ 48,8 miliar untuk operasi penanggulangan bencana pascagempa dan tsunami Maret silam.

Liputan6.com, Tokyo: Pemerintah Jepang menyiapkan anggaran darurat sebesar 4 triliun yen atau sekitar US$ 48,8 miliar untuk operasi penanggulangan bencana pascagempa dan tsunami Maret silam. Anggaran ini akan dimajukan ke parlemen untuk mendapat persetujuan dan bisa digunakan bulan Mei mendatang, demikian ditulis dalam laman BBC Indonesia, Jumat (22/4).

Pemerintah menyebutkan tidak ada surat obligasi baru yang dikeluarkan untuk pendanaan anggaran tersebut, guna menghindari penambahan utang Jepang yang sebelumnya sudah membengkak. Pemerintah memperkirakan biaya pemulihan pascagempa bisa mencapai 25 triliun yen untuk membangun kembali negara itu.

Anggaran darurat ditujukan untuk operasi penanggulangan bencana, termasuk menyiapkan rumah penampungan sementara, restorasi infrastruktur dan pinjaman bagi para korban bencana.

Seperti yang dilaporkan sebelumnya, gempa dahsyat yang terjadi pada 11 Maret silam menimbulkan gelombang tsunami menyebabkan lebih dari 27 ribu korban jiwa atau hilang. Gempa ini juga menghancurkan infrastruktur di kawasan utara Jepang dan menyebabkan krisis nuklir. Perdana Menteri Naoto Kan mengatakan akan ada dana tambahan untuk membiayai pembangunan kembali.(ADO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini