Sukses

Radius Pengungsian di Fukushima Jadi 30 Km

Langkah itu diambil karena tingkat radiasi di Kompleks PLTN Fukushima Daiichi yang terus meningkat. Selain itu, para penduduk di kawasan lainnya di luar radius 30 kilometer juga harus bersiap mengungsi, terutama bila terjadi keadaan darurat.

Liputan6.com, Tokyo: Pemerintah Jepang meminta para penduduk di kawasan yang berjarak dalam radius 20 hingga 30 kilometer dari Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Fukushima Daiichi nomor satu yang rusak untuk mengungsi. Demikian disampaikan Sekretaris Kabinet Yukio Edano, Jumat (22/4), seperti dikutip Xinhua.

Yukio menjelaskan, langkah itu diambil karena tingkat radiasi yang terus meningkat. Selain itu, para penduduk di kawasan lainnya di luar radius 30 kilometer juga harus bersiap mengungsi, terutama bila terjadi keadaan darurat.

Petunjuk pengungsian pemerintah Jepang ditingkatkan sedikit demi sedikit karena para pekerja masih berupaya mengendalikan PLTN yang rusak akibat gempa bumi dahsyat disusul tsunami di wilayah timur laut Jepang pada 11 Maret silam.

Pemerintah Jepang sejak Kamis tengah malam telah menutup kawasan yang berjarak dalam radius 20 kilometer dari PLTN Fukushima nomor satu. Para petugas pun melarang masuk warga yang tidak memiliki izin.(ANS/Ant)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini