Sukses

Cina Tetap Larang Impor Produk dari Jepang

Tindakan Cina menghentikan impor makanan dari Jepang itu tepat di saat banyak negara juga melakukan tindakan antisipatif.

Liputan6.com, Beijing: Pemerintah Cina masih akan terus memberlakukan larangan impor terhadap seluruh produk makanan dan pertanian yang berasal dari Jepang. Demikian yang dikatakan juru bicara Kementerian Perdagangan Cina Yao Jian, baru-baru ini.

Laman NHK mewartakan, Yao mengatakan kepada para wartawan bahwa tindakan Cina menghentikan impor makanan dari Jepang itu tepat di saat banyak negara juga melakukan tindakan antisipatif. Tahun lalu Cina mengimpor produk hasil pertanian senilai sekitar US$ 72 miliar, sementara impor makanan Jepang hanya sekitar 0,8 persen atau sekitar 600 juta dolar.

Pada 8 April lalu, menyusul krisis nuklir di Kompleks Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Fukushima Daiichi, Cina mendesak para pengimpor makanan dari Jepang untuk lebih banyak melakukan karantina. Dikatakan pula, Cina merupakan pengimpor terbesar berbagai produk Jepang. Yao juga mengungkapkan kekhawatirannya atas dampak bencana itu terhadap perekonomian Cina.(JAY/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.