Sukses

Tornado Dahsyat Serang Carolina Utara

Angin puting beliung dahsyat menyerang wilayah Carolina Utara, Amerika Serikat. Sedikitnya delapan belas orang dikabarkan meninggal dunia, sejak terjadinya tornado Kamis lalu.

Liputan6.com, Sanford: Tornado dahsyat menyerang wilayah Carolina Utara, Amerika Serikat, Sabtu (16/4). Angin berkekuatan luar biasa yang meluluh lantakan lima negara bagian Amerika Serikat ini terjadi sejak Kamis silam, menyebabkan sedikitnya 18 orang meningal dunia. Sementara itu, puluhan lainnya mengalami luka-luka.

Angin puting beliung ini menyebabkan atap rumah berterbangan, pohon tumbang, serta puluhan rumah warga rusak parah. Beberapa wilayah juga mengalami pemadaman listrik.

"Puluhan ribu warga mengalami pedaman listrik di rumahnya di Carolina Utara," ungkap Doug Hoell Direktor Pelayanan Darurat.

Salah seorang pejabat Raleigh mengatakan, "Badai, Sabtu sore menyebabkan  korban jiwa dan kerusakan yang luas di beberapa bagian kota." Keadaan darurat telah diumumkan di daerah bencana tersebut.

Kepolisian Raleigh terpaksa mengevakusi warga di sebuah taman. Beberapa orang yang terjebak di dalam mobilnya juga berhasil diselamatkan Tim SAR. Sementara itu, petugas medis mendatangi warga di tiap rumah untuk memeriksa keadaan.

"Banyak terjadi bencana. Ini buruk. Saya melihat dua orang di taman terperangkap di bawah pohon tumbang," ungkap Guillermo Villela, seorang saksi mata.

Angin tornado terbilang biasa terjadi di Amerika Serikat saat ini. Hampir setiap tahun terjadi sehingga menyebabkan kematian dan kerusakan. Pemerintah negara bagian diminta untuk waspada dalam menghadapi bencana ini. (NHK/MSNBC/Vin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.