Sukses

Tornado Porak-Porandakan Kota Mapleton

Angin tornado meluluh-lantakkan hampir setengah bagian kota Mapleton, Iowa, AS. Hingga kini belum ada laporan tentang adanya korban jiwa.

Liputan6.com, Iowa: Angin tornado menghantam Mapleton, Iowa Selatan, Amerika Serikat. Hampir setengah bagian kota hancur berantakan.

"Itu bukanlah pemandangan yang indah," ucap Walikota Mapleton Fred Standa. Ahad (10/4) waktu setempat. "Bencana sedahsyat ini belum pernah terjadi sebelumnya."

Nasib buruk menimpa Jamy Garden. Rumahnya bergoyang hebat saat tornado bergerak mendekati Iowa. Jamy yang terkena pecahan kaca akibat angin, melarikan diri ke tempat yang lebih aman. Ia sempat dilanda trauma karena menghadapi semua itu seorang diri.

Keesokan harinya, Jamy menyaksikan kehancuran. Tempat tinggalnya sudah tak berbentuk. Deretan pohon dan tiang listrik tumbang di sana-sini. Bahkan, Jamy mendapati sebuah perahu kano yang bukan miliknya.

Seperti dilaporkan Associated Press, diperkirakan sekitar 20 persen wilayah Mapleton rata dengan tanah. Sebuah pohon besar berusia ratusan tahun, yang menjadi inspirasi nama Mapleton, tumbang dan mengenai beberapa kendaraan.

Tornado menghancurkan 12 hingga 15 blok kawasan Mapleton pada Sabtu (9/4) kemarin, sekitar pukul 07.00. BMKG setempat melaporkan kondisi serupa juga terjadi di sekitar Early dan Nemaha. Tornado terus bergerak ke kawasan Wisconsin, menyapu segala yang dilewati. Belum dilaporkan adanya korban jiwa. (Vin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini