Sukses

Pasukan PBB-Perancis Selamatkan Dubes Jepang

Kementerian luar negeri Jepang mengatakan, pasukan Perancis dan PBB telah menggelar sebuah helikopter untuk menyelamatkan duta besar Jepang setelah tentara yang setia kepada Laurent Gbagbo masuk ke kediamannya.

Liputan6.com, Tokyo: Kementerian luar negeri Jepang mengatakan, pasukan Perancis dan PBB telah menggelar sebuah helikopter untuk menyelamatkan duta besar Jepang setelah tentara yang setia kepada Laurent Gbagbo masuk ke kediamannya.

Seperti dikutip Reuters, media Jepang ramai melaporkan, Duta Besar Yoshifumi Okamura, bersama tujuh pegawai kedutaan dan petugas keamanan, berlindung dalam ruangan rahasia. Pasukan Perancis dan PBB lalu mengirimkan sebuah helikopter untuk menyelamatkan mereka.

Pantai Gading terjerumus ke dalam kekerasan setelah Gbagbo menolak mengundurkan diri setelah lawannya, Alessane Ouattara, dinyatakan PBB sebagai pemenang pemilihan presiden November silam. Pasukan pendukung Ouattara mengepung kediaman dubes Jepang, Kamis (7/4), setelah upaya untuk mengeluarkannya dari bunker mendapat perlawanan sengit pasukan Gbagbo.
   
Gbagbo telah memerintah Pantai Gading sejak tahun 2000 dan menuding Perancis telah mendukung utara negara itu dalam perang saudara tahun 2002-2003. Pasukan pemberontak dalam perang saudara itu kini mendominasi pasukan Ouattara.

Pemilu tahun lalu di negara penghasil kakao terbesar di dunia itu dimaksudkan untuk menyelesaikan perang sipil, tapi penolakan Gbagbo untuk menyerahkan kekuasaan negara telah menjerumuskan negara dalam kekerasan yang telah menewaskan lebih dari 1.500 orang. (ANT/Vin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.