Sukses

Suriah Bebaskan Aktivis HAM

Suhair Attasy, aktivis hak asasi manusia, ditangkap tiga pekan lalu setelah memimpin aksi protes di depan Gedung Kementerian Dalam Negeri Suriah menuntut pembebasan semua tahanan politik.

Liputan6.com, Damaskus: Pihak berwenang Suriah belum lama ini membebaskan Suhair Attasy, seorang aktivis hak asasi manusia yang ditangkap tiga pekan lalu setelah memimpin aksi protes di depan gedung Kementerian Dalam Negeri untuk menuntut pembebasan semua tahanan politik. Demikian ditulis situs berita lokal Damaskus.

Peradilan Suriah memutuskan pembebasan Attasy setelah membayar jaminan sebesar US$ 200. Situs tersebut mewartakan, tujuh tahanan politik lainnya, yang berpartisipasi dalam aksi protes tersebut, juga telah dibebaskan pekan lalu. Ini sebagai upaya pemerintah Suriah memadamkan kerusuhan di beberapa kota Suriah.

Sebelumnya, Presiden Suriah Bashar al Assad menunjuk Adel Safar, Menteri Pertanian yang baru-baru ini dipecat, untuk membentuk pemerintahan baru sebagai bagian dari reformasi terbaru. Ia pun berjanji membantu meredam kemarahan para demonstran.(JAY/ANS/Xinhua)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.