Sukses

Obama: NATO Ambil Alih Operasi Militer Rabu Ini

Presiden Barack Obama mengatakan AS akan mentransfer perintah secara penuh untuk misi militer NATO di Libia yang dimulai pada Rabu esok, tetapi AS juga akan masih memberikan bantuan kepada koalis

Liputan6.com, Washington: Presiden Barack Obama mengatakan AS akan mentransfer perintah secara penuh untuk misi militer NATO di Libia yang dimulai pada Rabu (30/3) esok, tetapi AS juga akan masih memberikan bantuan kepada koalisi.

Dalam pidato penjelasan kebijakan-kebijakan pemerintahannya terhadap Libia, Obama mengatakan NATO akan mengambil alih komando militer untuk penegakan embargo senjata dan No-Fly Zone. NATO juga diputuskan akan mengambil tanggung jawab tambahan untuk melindungi warga sipil Libia.

"Transfer dari Amerika Serikat untuk NATO ini akan berlangsung mulai Rabu (30/3). Dan, AS juga akan memainkan peran pendukung, termasuk intelijen, dukungan logistik, bantuan pencarian dan penyelamatan, serta kemampuan untuk berkomunikasi dengan rezim," kata Obama seperti dilansir Xinhua, Selasa (29/3).

Selain itu, Amerika Serikat juga akan bekerja dengan masyarakat internasional untuk memberikan bantuan kepada warga Libia, menjaga aset Libia yang sudah dibekukan senilai lebih dari 33 miliar dolar AS, dan memastikan warga Libia menerima kembali seluruh aset Khadafi secara rata. (JAY)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.