Sukses

Presiden Yaman Tunjuk Komandan Militer Baru

Presiden Yaman Ali Abdullah Saleh telah menunjuk Mayor Jenderal Ahmed bin Saeed Brik sebagai komandan militer baru Area Militer Timur dan Brigade 27 Mika.

Liputan6.com, Sanaa: Presiden Yaman Ali Abdullah Saleh telah menunjuk Mayor Jenderal Ahmed bin Saeed Brik sebagai komandan militer baru Area Militer Timur dan Brigade 27 Mika. ia menggantikan Mayor Jenderal Ali Mohamed Mohsen yang membelot untuk bergabung bersama gerakan protes. Demikian pengumuman Departemen Pertahanan Yaman.

Presiden Saleh, yang hingga saat ini masih menghadapi aksi protes para pemuda menuntut segera mengakhiri kekuasaan 33 tahunnya, juga menunjuk Kolonel Hussein Mshaba. Ia menjadi Komandan Brigade Infanteri 15 di provinsi bermasalah utara Amran untuk menggantikan komandan lainnya yang membelot.

Keputusan Presiden Saleh ini beberapa hari setelah kedua mantan komandan tersebut membelot dari pemerintah untuk bergabung dengan demonstrasi oposisi. Dua jenderal tersebut membelot karena protes terhadap insiden penembakan pada 18 Maret silam yang menewaskan 52 pengunjuk rasa di luar Universitas Sanaa.

Kedua komandan tersebut mengumumkan pembelotan secara bersama-sama dengan saudara tiri Presiden Saleh, Mayor Jenderal Ali Muhsin al Ahmar, komandan Militer Area Utara, yang juga dikenal sebagai Divisi Lapis Baja nomor satu, untuk bergabung dengan pengunjuk rasa. Al-Ahmar juga bersumpah dalam sebuah pernyataan di rekaman video untuk melindungi para pengunjuk rasa dan meminta Saleh untuk segera mundur untuk menghindari pertumpahan darah di seluruh pelosok negeri tersebut.(JAY/ANS/Xinhua)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.