Sukses

Pasukan Prancis Hancurkan Tujuh Pesawat Libia

Dalam 24 jam terakhir, pesawat-pesawat perang Prancis telah menghancurkan lima pesawat dan dua helikopter militer Libia di pangkalan udara Misrata.

Liputan6.com, Paris: Dalam 24 jam terakhir, pesawat-pesawat perang Prancis telah menghancurkan lima pesawat dan dua helikopter militer Libia di pangkalan udara Misrata. Demikian diumumkan juru bicara Pasukan Bersenjata Prancis Thierry Burkhard, baru-baru ini.

Burkhard menjelaskan, semua tujuh pesawat militer Libia tersebut dihancurkan ketika berada di darat di pangkalan itu, di dekat Kota Misrata yang dikuasai pemberontak. Pesawat-pesawat militer Libia itu sedang bersiap untuk melakukan serangan di daerah itu, ketika dihancurkan.

Satu patroli jet tempur Rafale Prancis, yang didukung oleh sebuah AWACS Hawkeye E2-C, melakukan serangan udara semalam. Tak hanya itu, sekitar 20 pesawat Prancis didukung empat tanker dan sebuah AWACS E3F menghantam sejumlah sasaran pada hari itu.

Serangan-serangan itu bagian dari serangan yang dimandatkan Perserikatan Bangsa-Bangsa oleh koalisi Barat untuk menghentikan gempuran pasukan Muammar Khadafi terhadap pemberontak yang berusaha untuk mengakhiri 41 tahun pemerintahannya. Serangan tersebut terjadi di daerah Misrata dan Zintan.

Didukung oleh serangan udara koalisi, pemberontak telah merebut kembali kota strategis Ajdabiyah, kemarin. Ini setelah pertempuran sepanjang malam yang memberikan kesan perubahan kondisi pada pasukan Khadafi di timur.

Seorang pemberontak mengatakan pada Reuters, pasukan pro-Khadafi sebelumnya menggempur kota itu dengan tembakan tank, mortir dan artileri, yang baru berhenti ketika pesawat koalisi tampak di atas. Adapun pasukan bersenjata Prancis menguraikan, kelima pesawat yang hancur di Misrata itu adalah jet-jet tempur Galeb dan helikopternya MI-35.

Dua Mirage 2000-5 masing-masing milik Prancis dan Qatar telah melakukan misi pengintaian gabungan di wilayah udara Libia dari sebuah pangkalan udara di Yunani. Pada awal pekan ini, pesawat-pesawat Prancis menghancurkan sebuah pesawat Libia yang lain sesaat setelah pesawat itu mendarat di Misrata, salah satu kota penting di Libia timur.(ANS/Ant)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini