Sukses

Lima Demonstran Tewas di Suriah

Tembakan pasukan keamanan ke kerumunan demonstran di depan Masjid Omari di Kota Deraa, Suriah, menyebabkan sedikitnya lima orang tewas.

Liputan6.com, Deraa: Tembakan pasukan keamanan ke kerumunan demonstran di depan Masjid Omari di Kota Deraa, Suriah, menyebabkan sedikitnya lima orang tewas. Lokasi ini merupakan tempat berkumpulnya demonstran antipemerintah yang terjadi sejak Jumat pekan lalu. Sebelum melancarkan tembakan, aliran listrik dan sambungan telepon dimatikan. Demikian dilansir situs BBC, Rabu (23/3).

Komisioner HAM PBB Navi Pillay mendesak pemerintah Suriah untuk melakukan investigasi yang transparan atas peristiwa kekerasan itu. "Kami sangat peduli dengan tewasnya para pemrotes di Suriah dan mengulangi pernyataan agar tidak menurunkan pasukan dalam jumlah besar untuk menghadapi demonstrasi damai, apalagi menggunakan amunisi (peluru) tajam."

Sementara itu, Gubernur Deraa Faisal Kalthoum telah dipecat sesuai dengan salah satu permintaan para demonstran. Sementara pemantau HAM menyebutkan mantan tahanan politik yang mendukung para pemrotes diambil dari rumahnya di daerah Sahnaya, Damaskus. Meski demonstrasi tidak meminta Presiden Assad mundur, kerusuhan ini merupakan tantangan serius bagi pemerintahannya yang telah berjalan selama 11 tahun.(ADO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini