Sukses

AS Hentikan Impor Sejumlah Pangan dari Jepang

Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) menghentikan kegiatan mengimpor makanan dari Jepang. Namun, kebijakan tersebut hanya diberlakukan bagi beberapa produk makanan.

Liputan6.com, Washington DC: Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) menghentikan kegiatan mengimpor makanan dari Jepang. Namun, kebijakan tersebut hanya diberlakukan bagi beberapa produk makanan.

Seperti dilansir Associated Press, Rabu (23/3), pihak FDA mengatakan beberapa jenis produk makanan yang telah masuk ke AS akan ditahan dan tidak didistribusikan kepada publik. Tapi, produk olahan laut masih akan tetap dijual kepada publik. Tentu, jika produk-produk tersebut telah lolos uji radiasi. 

Kebijakan tersebut mendapatkan respons berbeda dari warga AS. Pejabat AS yang mengendalikan pengeluaran FDA, Rosa DeLauro, mempertanyakan keyakinan FDA bahwa makanan impor Jepang yang lulus uji benar-benar terbebas dari radiasi dan tidak akan menimbulkan masalah kesehatan. DeLauro menambahkan,  FDA tidak selalu dapat melacak tempat produksi dari makanan-makanan tersebut.

Sementara itu, mantan komisaris FDA David Acheson mengaku prihatin tentang keamaan makanan impor serta kurangnya sumber daya yang memadai dari FDA. "Setiap kali ada ancaman, sumber daya harus siap," kata Acheson. (YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.