Sukses

Asap Kembali Mengepul, Tim PLTN Dievakuasi

Kepulan asap tebal kembali membubung dari reaktor nomor tiga di Kompleks PLTN Fukushima Daiichi. Tim yang tengah berupaya mendinginkan reaktor pun dievakuasi untuk sementara waktu.

Liputan6.com, Tokyo: Kepulan asap tebal kembali membubung dari reaktor nomor tiga di Kompleks Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Fukushima Daiichi, Jepang. Tim yang tengah berupaya mendinginkan reaktor pun dievakuasi untuk sementara waktu.

"Asap tebal berwarna abu-abu kembali terlihat di reaktor nomor tiga. Untuk itu, semua kegiatan pendinginan dihentikan untuk sementara waktu. Para pekerja juga telah diamankan," kata Hiroshi Aizawa, juru bicara operator Tokyo Electric Power Co (TEPCO) seperti dilansir situs Taiwannews.com, Senin (21/3).

Proses penyiraman air untuk mendinginkan reaktor-reaktor PLTN Fukushima sebenarnya telah dihentikan sejak Senin pagi. Suhu di reaktor-reaktor itu pun telah turun di bawah 100 derajat Celsius.

Sebelumnya, suhu di reaktor nomor tiga juga dilaporkan telah stabil. Lebih dari 2.000 ton air telah disemprotkan ke dalam kolam reaktor nomor tiga selama 13 jam lamanya. Jumlah tersebut melebihi kapasitas kolam yang hanya menampung 1.400 ton. Reaktor nomor tiga memang merupakan fokus dari para pekerja PLTN. Pasalnya, reaktor ini berisi plutonium yang sangat beracun.(DSC/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.