Sukses

Pendinginan Reaktor Berjalan Lancar

Pemerintah Jepang dilaporkan telah melakukan misi penyemprotan air ke dalam reaktor nuklir Fukushima Daiichi selama semalam penuh pada Sabtu (19/3) malam waktu setempat.

Liputan6.com, Tokyo: Pemerintah Jepang dilaporkan telah melakukan misi penyemprotan air ke dalam reaktor nuklir di Kompleks Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Fukushima Daiichi selama semalam penuh pada Sabtu malam waktu setempat. Sedangkan kolam panas di reaktor lain berhasil didinginkan berkat pengaktifan kembali pasokan energi.

Seperti dilansir Kyodo News, Ahad (20/3), tim Pemadam Kebakaran Tokyo terus menyemprotkan air ke dalam kolam yang kehabisan bahan bakar di reaktor nomor tiga dalam sebuah operasi yang berlangsung lebih dari 13 jam sampai pukul 03.40 waktu setempat. Sementara, Departemen Pertahanan Jepang juga berencana untuk segera menyemprotkan air ke dalam kolam yang sama untuk reaktor nomor empat.

Lebih dari 2.000 ton air telah disemprotkan ke dalam kolam reaktor Nomor 3, dan melebihi kapasitas kolam yang hanya menampung 1.400 ton. Batang bahan bakar yang digunakan pada reaktor itu ternyata campuran bahar bakar dengan plutonium-uranium oksida, yang dikenal sebagai MOX. Menurut para ahli memang sangat sulit dikendalikan dibandingkan dengan batang bahan bakar biasa yang terbuat dari uranium.

Operasi tak berawak tersebut menggunakan peralatan otomatis/ Pada awalnya direncanakan berlangsung selama tujuh jam, namun diperpanjang hingga dua kali lipat.

Menurut operator Tokyo Electric Power Co., pada reaktor nomor enam, sistem pendingin berhasil diaktifkan kembali karena pemulihan pasokan listrik yang berjalan lancar. Suhu di kolam tersebut berhasil turun ke 52 Celsius pada pukul 03.00 atau Ahad pagi waktu setempat, dari 67,5 C pada pukul 11.00 Sabtu siang waktu setempat.

Sementara itu, operator juga berencana akan memulihkan pasokan listrik di reaktor nomor satu dan dua sedini mungkin pada Ahad ini untuk mengaktifkan sistem pendingin pada kolam-kolam tersebut yang kehabisan bahan bakar.(JAY/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.