Sukses

Obama: Radiasi Tidak Akan Mencapai AS

Presiden Amerika Serikat Barack Obama berusaha meredam kekhawatiran rakyat AS akan efek radiasi nuklir Jepang. Ia juga meyakinkan bahwa efek radiasi tidak akan mencapai AS.

Liputan6.com, Washington DC: Presiden Amerika Serikat Barack Obama berusaha meredam kekhawatiran rakyat AS akan efek radiasi nuklir Jepang. Ia juga meyakinkan bahwa efek radiasi tidak akan mencapai AS.

"Saya ingin semuanya menjadi jelas. Kami tidak mengharapkan tingkat radiasi yang berbahaya untuk mencapai Amerika Serikat, entah itu Pantai Barat, Hawaii, Alaska, atau wilayah lain di AS," ujar Obama, seperti dilansir Associated Press, Jumat (18/3).

Obama mengatakan ledakan reaktor nuklir di Jepang merupakan pelajaran berharga bagi AS. Untuk itu, pihaknya telah meminta Komisi Pengaturan Nuklir AS untuk melakukan kajian komprehensif dari 104 reaktor nuklir milik AS yang tersebar di beberapa lokasi.

"Melihat krisis seperti di Jepang, kami memiliki tanggung jawab untuk belajar dari kejadian ini dan untuk menarik pelajaran dari mereka untuk menjamin keselamatan dan keamanan rakyat kami," kata Obama.

Sebelumnya, pihak Bea Cukai dan Perlindungan Perbatasan mengatakan ada laporan tentang radiasi yang terdeteksi dari beberapa kargo yang tiba dari Jepang di beberapa bandara, termasuk yang di Chicago, Dallas, dan Seattle. Namun, kabar tersebut dibantah otoritas setempat. (YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini