Sukses

Cegah Reaktor Memanas, Generator Coba Diaktifkan

Para insinyur Jepang kini tengah berusaha untuk mengaktifkan generator di PLTN Fukushima yang mengalami kerusakan pascagempa dan tsunami. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah naiknya suhu sekitar sistem reaktor.

Liputan6.com, Tokyo: Para insinyur Jepang kini tengah berusaha untuk mengaktifkan generator di PLTN Fukushima yang mengalami kerusakan pascagempa dan tsunami. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah naiknya suhu sekitar sistem reaktor. Demikian dikatakan Juru Bicara Tokyo Electric Power Co (TEPCO) Naohiro Omura di Sendai, Kamis (17/3).

"Saat ini kami sedang berkonsentrasi untuk mengaktifkan generator. Jika pengaktifan berhasil dilakukan, kami dapat mengaktifkan pompa elektrik yang akan mengalirkan air ke dalam reaktor dan kolam pengendali tekanan," kata Omura.

Sebelumnya, tim ahli telah berhasil menurunkan temperatur di sekitar reaktor nomor 2 dengan bantuan air laut. Namun Ketua Komisi Pengaturan Nuklir AS, Gregory Jaczko, memperingatkan tingkat radiasi yang tinggi di reaktor nomor 4 yang disebabkan keringnya air di kolam reaktor tersebut. (AFP/YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.