Sukses

Asap Putih Membubung di Fukushima

Dalam tayangan langsung sejumlah televisi, asap putih membubung ke udara dari Kompleks Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Fukushima Daiichi, Jepang, yang diguncang gempa pada Jumat pekan silam. Namun, sumber asap belum diketahui.

Liputan6.com, Tokyo: Asap putih membubung ke udara dari Kompleks Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Fukushima Daiichi, Jepang. Kondisi di fasilitas pembangkit nuklir tersebut ditayangan langsung sejumlah televisi setempat, Rabu (16/3).

Namun seperti dilansir AFP, penyebab munculnya asap putih di reaktor nomor satu PLTN Fukushima, 250 kilometer di sebelah timur laut ibu kota Jepang, Tokyo, belum diketahui. Yang terang, api berkobar pada dini hari tadi di reaktor nomor empat di kompleks pembangkit listrik tersebut, tapi kebakaran itu telah dipadamkan.

Para insinyur telah berjuang menangani kondisi darurat di kompleks itu sejak gempa kuat dan tsunami pada Jumat pekan silam memutus aliran listrik ke pembangkit tersebut dan mengakibatkan tongkat bahan bakar terlalu panas sehingga berbahaya. Sejauh ini telah terjadi empat ledakan dan dua kebakaran di kompleks itu.

Menurut laporan media, asap putih tersebut tampaknya berasal dari reaktor nomor tiga yang meledak pada Senin silam, sehingga merobek bagian luar bangunan reaktor itu. Operator pembangkit listrik tersebut, Tokyo Electric Power Co, menyatakan perusahaan tersebut tak tahu dari mana asap itu berasal.(ANS/Ant)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini