Sukses

Empat WNI Berhasil Dievakuasi

Kedutaan Besar RI di Jepang berhasil mengeluarkan empat dari total 82 warga Indonesia dari radius 30 kilometer dari Kompleks PLTN Fukushima Jepang.

Liputan6.com, Jakarta: Dari total 82 warga Indonesia di kawasan Fukushima, Jepang, empat di antaranya berhasil dievakuasi dari radius 30 kilometer. Sementara 24 orang lainnya sedang diusahakan dievakuasi dari Kompleks Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Fukushima, Jepang ke jarak aman. Demikian pernyataan yang disampaikan Dubes RI untuk Jepang Muhammad Lutfi melalui sambungan telepon, Selasa (15/3).

Jarak 30 kilometer merupakan jarak aman radiasi nuklir dari Kompleks PLTN Fukushima. Perdana Menteri Jepang Naoto Kan mengimbau warga yang berjarak 30 kilometer dari PLTN Fukushima berdiam diri di rumah. Imbauan dilayangkan usai ledakan ketiga di reaktor nuklir nomor dua PLTN Fukushima.

Lutfi mengatakan saat ini masa-masa rawan akibat ledakan belum selesai. "Masih bisa lebih buruk dari sekarang." Karena itu ia juga telah mengirim surat ke Jakarta untuk memberikan travel advisory. "Bila tak perlu sekali ke Jepang, kami berpendapat untuk menunda pergi ke Jepang," tambah Lutfi.(AIS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.