Sukses

Ratusan WNI dari Sendai Dievakuasi Besok

Sekitar 103 WNI asal Sendai yang tiba di Tokyo, Jepang, tadi pagi, akan dievakuasi ke Jakarta pada Selasa (15/3) besok.

Liputan6.com, Tokyo: Sekitar 103 warga negara Indonesia atau WNI asal Sendai yang tiba di Tokyo, Jepang, tadi pagi, akan dievakuasi ke Jakarta pada Selasa (15/3) besok. Saat ini para pengungsi sedang beristirahat dan makan siang di Gedung SRIT Meguro, Tokyo [baca: Ratusan WNI di Sendai Berhasil Dievakuasi].

Sebelumnya Duta Besar Muhammad Lutfi didampingi Tim Perlindungan WNI dari Kemlu RI berdialog dengan para pengungsi. Antara lain membicarakan keputusan para pengungsi, tetap tidaknya tinggal di Tokyo atau dievakuasi ke Indonesia. Dari dialog inilah diperoleh keputusan.

Sementara empat WNI pengungsi asal Fukushima yang tiba di Tokyo tadi siang dibawa ke rumah sakit militer di Tokyo. Mereka menjalani pemeriksaan kesehatan untuk memastikan kondisi mereka. Setelah pemeriksaan menyeluruh selama sekitar dua jam, mereka dinyatakan aman dari radiasi.

Tim Relief KBRI Tokyo Gelombang I yang masih di Sendai melaporkan, tim telah menjemput seorang perawat Indonesia bernama Wisita Permanasari dari Rumah Sakit Tohoku Kosei Nenkin. Saat ini tim sedang dalam perjalanan untuk menjemput dua orang perawat bernama Desi Subarkah dan Jajang Rahmat Hidayat.

Pada pukul 14.30, Call Center KBRI Tokyo memperoleh konfirmasi kondisi 10 perawat Indonesia di Aomori selamat. Sebelumnya mereka dikabarkan hilang.(indonesianembassy/AIS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.