Sukses

Tim dari Sembilan Negara Tiba di Jepang

Tim penyelamat dari Korea Selatan, Singapura, Jerman, Swiss, Cina, Amerika Serikat, Selandia Baru, Inggris, dan Australia tiba di Jepang.

Liputan6.com, Tokyo: Tim pencarian dan penyelamatan dari sembilan negara dilaporkan telah tiba di Jepang, yang segera dikerahkan menuju kawasan timur laut untuk membantu dalam operasi bantuan setelah terjadinya gempa bumi dan tsunami pada Jumat lalu.

Seperti dilansir situs NHK, Senin (14/3), tim penyelamat dari Korea Selatan, Singapura, Jerman, Swiss, Cina, Amerika Serikat, Selandia Baru, Inggris dan Australia tiba di Jepang pada hari ini.

Kemarin petang, tim AS yang terdiri dari 150 personel militer tiba di pangkalan militer Kota Misawa, Aomori, prefektur paling utara di pulau utama Jepang. Mereka dijadwalkan akan melakukan perjalanan ke selatan ke Kota Ofunato di Prefektur Iwate, untuk memulai operasi penyelamatan dan perawatan medis korban selamat.

Tim AS membawa delapan kapal angkatan laut, termasuk kapal induk bertenaga nuklir USS Ronald Reagan, untuk mencari korban di lepas pantai kawasan yang dilanda gempa. Personel militer AS itu juga mengevakuasi korban dan memberikan barang bantuan dengan helikopter.

Sementara itu, tim penyelamat dari Korea Selatan terdiri dari 102 personel dan dua anjing pencari yang sudah mulai beroperasi di Prefektur Miyagi, yang porak-poranda. Tim penyelamat dari Cina, Inggris, dan Australia juga akan memulai kegiatan mereka pada Senin ini. Pemerintah Rusia juga mengumumkan pihaknya telah mengirimkan 75 petugas penyelamat dengan sebuah pesawat transportasi besar dan helikopter.

Perdana Menteri Rusia Vladimir Putin pada Sabtu silam telah menawarkan untuk meningkatkan pasokan gas alam cair dari proyek Sakhalin II, di mana Jepang juga berpartisipasi. Atas permintaan pemerintah Jepang, Korea Selatan juga dilaporkan akan berbagi beberapa impor gas alam cair.(JAY/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini