Sukses

Ratusan WNI di Sendai Berhasil Dievakuasi

Sebanyak 112 Warga Negara Indonesia (WNI) dari Sendai terah berhasil dievakuasi. Mereka telah tiba dengan selamat di Gedung SRIT (Meguro, Tokyo).

Liputan6.com, Tokyo: Sebanyak 112 Warga Negara Indonesia (WNI) dari Sendai terah berhasil dievakuasi. Mereka telah tiba dengan selamat di Gedung SRIT (Meguro, Tokyo) sekitar pukul 06.05 JST. Salah satu korban, Vera Yulianti (37), mengalami cedera tulang punggung.

Berdasarkan rilis KBRI Tokyo, Senin (14/3), mahasiswi Fakultas Sastra Tohoku University, itu langsung dibawa ke RS Showa Daigaku Byoin untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut. Sementara rombongan lainnya, termasuk seorang ibu hamil, satu orang ibu baru melahirkan beserta bayinya yang berusia dua minggu, dalam keadaan baik, walaupun tampak sangat kelelahan.

"Para pengungsi menempati aula olahraga SRIT yang telah dilengkapi dengan selimut, tikar, futon (kasur lipat), dan bantal, serta memiliki penghangat," ujar rilis itu.

Beberapa masyarakat Indonesia yang tinggal di Tokyo telah memberikan sumbangan, seperti jaket, sweater, jilbab, dan kaos kaki hangat. KBRI Tokyo dan tim Perlindungan WNI dari Kemlu RI turut membantu para pengungsi di SRIT.

"Di Sendai sendiri masih terdapat Tim Relief KBRI Tokyo Gelombang I pimpinan Mayor Zaenal Arifin, yang rencananya hari ini akan melakukan penyisiran di rumah sakit setempat dan pusat pengungsian lainnya untuk mencari jika ada WNI korban".

Sementara itu, tim evakuasi dari Fukushima yang membawa tiga pengungsi WNI sedang dalam perjalanan kembali ke Tokyo dan diperkirakan tiba sekitar pukul 11 di SRIT. Tim melaporkan bahwa tiga WNI yang dievakuasi dalam kondisi baik, demikian pula dengan pengungsi WNA yang turut dievakuasi.(KBRITokyo/MEL)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini