Sukses

Korsel Pasok Gas Alam ke Jepang

Korea Selatan akan mengalihkan jumlah impor gas alam cairnya ke Jepang untuk membantu negara tetangga yang tengah dilanda bencana alam itu guna menangani kekurangan energi.

Liputan6.com, Seoul: Korea Selatan akan mengalihkan jumlah impor gas alam cairnya ke Jepang untuk membantu negara tetangga yang tengah dilanda bencana alam itu guna menangani kekurangan energi, sumber resmi Seoul mengatakan, Senin (14/3).

"Kami akan mengalihkan kembali sebagian dari impor LNG dari negara-negara ke tiga sampai akhir Maret hingga April ke Jepang," kata pejabat pada Kementerian Ekonomi kepada AFP.

Beberapa operator kelistrikan Jepang, Sabtu (12/3), meminta bantuan Seoul dengan pasokan gasnya, yang memprediksikan pihaknya akan melakukan lebih dari sebulan guna menutupi kekurangan yang disebabkan kerusakan pembangkit tenaga nuklir utama, sumber resmi itu menyebutkan.

Korea Selatan, merupakan pembeli LNG terbesar ke dua dunia, telah menjamin hampir 98 persen dari estimasi kebutuhan LNG tahun ini melalui kontrak jangka panjang dan menengah, kata kementerian tersebut.

Jepang telah mengumumkan program pengurangan pembangkit listrik yang direncanakan mulai Senin setelah gempa besar dan tsunami melanda timurlaut negara itu, sehingga merusak pusat pembangkit tenaga listrik di kawasan tersebut.(Ant/AFP)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.