Sukses

Gempa 5,8 SR Landa Lepas Pantai Jepang

Menurut Survei Geologi Amerika Serikat, gempa di lepas pantai prefektur Ibaraki, berkekuatan 5,8 skala Richter (SR).

Liputan6.com, Tokyo: Gempa lepas pantai melanda wilayah 140 kilometer di timur laut Tokyo pada Senin pagi. Gempa ini mengguncang gedung-gedung tinggi di ibu kota Jepang, namun pihak berwenang tidak mengeluarkan peringatan tsunami.

Belum ada ada laporan tentang adanya kerusakan-kerusakan atau jatuhnya korban.

Gempa di lepas pantai prefektur Ibaraki, salah satu dari sejumlah tempat yang mendapat gempa susulan setelah gempa besar 8,9 SR Jumat (11/3), mencatat kekuatan 5,8 SR, menurut Survei Geologi Amerika Serikat. Survei mengatakan, gempa dari kedalaman 18 kilometer.

Sementara itu Badan Kepolisian Nasional Jepang mengatakan, gempa dan tsunami menewaskan 1,598 orang, 1,720 hilang setelah gempa besar yang disusul tsunami Jumat.

"Total sudah 1,598 orang meninggal dan 1,720 lainnya masih hilang tercatat pada pukul 8:00 waktu setempat (2300 GMT) Senin di Jepang, pascabencana gempa besar dan tsunami dahsyat itu,"  Badan Kepolisian Jepang.(Ant/AFP)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.