Sukses

Radius Evakuasi Diperluas

Menyusul ledakan reaktor nuklir di Fukushima, Jepang, pejabat di negara itu memutuskan untuk memperluas perimeter evakuasi menjadi 20 kilometer.

Liputan6.com, Tokyo: Menyusul ledakan reaktor nuklir di Fukushima, Jepang, pejabat di negara itu memutuskan untuk memperluas perimeter evakuasi menjadi 20 kilometer, Sabtu (12/2). Sebelumnya wilayah evakuasi 10 kilometer.

"Radiasi nuklir telah terdeteksi. Bahkan sampai ke luar lokasi ledakan," kata pejabat itu. "Kami juga telah menyiapkan pasokan yodium untuk mengatasi serangan radiasi."

Ahli teknik kuantum Universitas Tokyo Naoto Sekimura mengatakan bahwa besarnya radiasi mencapai delapan kali lebih tinggi dari tingkat normal. Namun, ia meyakinkan bahwa radiasi tersebut tidak akan membawa dampak negatif terhadap tubuh manusia.

"Ini adalah jumlah yang sangat kecil. Hal ini tidak akan berdampak negatif terhadap tubuh manusia," kata Sekimura.(wsj/SHA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.