Sukses

Tim SAR Jepang Pulang Kampung

Tim SAR Jepang yang tengah bertugas di Kota Christchurch, Selandia Baru, bergegas kembali ke kampung halamannya. Mereka diminta membantu menangani korban bencana alam di negaranya.

Liputan6.com, Wellington: Tim search and rescue (SAR) Jepang yang tengah bertugas di Kota Christchurch, Selandia Baru, bergegas kembali ke kampung halamannya, Sabtu (12/3). Mereka diminta membantu menangani korban bencana alam di negaranya.

"Tim SAR Jepang memberikan sumbangan yang sangat berharga dalam upaya penyelamatan akibat gempa. Mereka datang ke Selandia Baru tanpa ragu-ragu dan bekerja tanpa lelah selama dua setengah pekan," kata Penanggung Jawab Pertahanan Sipil Selandia Baru Steve Brazier.

Saat gempa bumi melanda Christchurch pada 22 Februari silam, Jepang mengirimkan 66 relawan dan tiga anjing pelacak. Tim itu memfokuskan pekerjaan mereka di gedung CTV, lokasi 28 warga Jepang dan mahasiswa asing lain terkurung.

Sementara itu, pemerintah Selandia Baru akan mengirimkan tim SAR ke Jepang untuk  membantu upaya pemulihan pascagempa. "Enam warga Selandia Baru akan menuju Jepang, pada Sabtu hari ini, dan 42 lainnya menyusul Ahad (13/3) besok setelah mendapat konfirmasi dari Tokyo," kata Perdana Menteri Selandia Baru John Key seperti dikutip AFP.(Ant/BJK)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.