Sukses

Jepang Dilanda Tsunami

Gempa berkekuatan 8,8 skala richter telah menyebabkan gelombang tsunami setinggi 4 meter yang menghempas pulau Honshu, Jepang. Dilaporkan sejumlah orang terluka dan seluruh wilayah pulau tersebut kini terendam.

Liputan6.com, Tokyo: Gempa berkekuatan 8,8 skala richter telah menyebabkan gelombang tsunami setinggi 4 meter yang menghempas pulau Honshu, Jepang. Dilaporkan sejumlah orang terluka dan seluruh wilayah pulau tersebut kini terendam.

Akibat dari gempa tersebut tidak hanya dirasakan oleh penduduk pulau Honshu saja. Di Tokyo, pengelola kereta bawah tanah Tokyo Metro telah memutuskan untuk menghentikan operasi sampai keadaan dinyatakan aman. The Shinkansen Bullet Trains juga berhenti beroperasi sesaat setelah gempa mengguncang wilayah tersebut. Pemerintah Daerah Tokyo juga menutup ke 19 pintu air di kota tersebut untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Sebelumnya pihak Badan Meteorologi Jepang mengatakan bahwa kekuatan gempa mencapai 7,9 skala Richter. Namun Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) mengonfirmasi kesalahan pengukuran kekuatan gempa tersebut yang aslinya berkekuatan 8,8 skala Richter.

Gempa berpusat di 382 kilometer timur laut Tokyo pada kedalaman 10 kilometer. Guncangan gempa terasa di hampir semua daerah di pantai pasifik Jepang, termasuk Tokyo dan Osaka. Sejumlah orang dilaporkan terluka dan kepulan asap hitam terlihat menguar dari sebuah bangunan yang terletak di wilayah tepi laut Odaiba, Tokyo. [Baca: Gempa 7,9 SR Guncang Jepang, Tsunami Mengancam] (Xinhua/SMH/NHK)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini