Sukses

Gempa Guncang Cina, Belasan Orang Tewas

Sedikitnya 14 orang tewas dan 135 lainnya luka-luka akibat gempa bumi yang melanda kawasan terpencil di barat daya Cina yang dekat dengan perbatasan Myanmar.

Liputan6.com, Beijing: Sedikitnya 14 orang tewas dan 135 lainnya luka-luka akibat gempa bumi yang melanda kawasan terpencil di barat daya Cina yang dekat dengan perbatasan Myanmar, Kamis (10/3). Pusat gempa berkekuatan 5,4 skala Richter yang terjadi pada pukul 12.58 waktu setempat itu berjarak 225 kilometer Kota Dali di Provinsi Yunnan. Demikian dilaporkan Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS).

Menurut USGS, gempa itu titik sumbernya berada 34 km di bawah permukaan laut. Namun para seismolog Cina justru menyebutkan bahwa sumber relatif dangkal, hanya berada 10 km di bawah permukaan laut. Seorang pejabat di kantor pusat gempa bumi di Desa Yingjiang mengatakan kepada AFP, hingga kini petugas baru mencatat korban jiwa sebanyak 14 orang tewas dan 135 lainnya cedera.

Televisi milik pemerintah menyebutkan korban luka-luka mencapai 200 orang. Banyak rumah runtuh saat gempa terjadi. Demikian dilaporkan Kantor Berita Xinhua mengutip pejabat setempat. Adapun para saksi mengatakan kepada Xinhua bahwa bagian dari sebuah toko swalayan dan hotel runtuh sehingga banyak orang yang terkubur hidup-hidup di bawah puingnya.

Gempa ini telah menyebabkan terputusnya aliran listrik di Desa Yingjiang, terutama setelah terjadi tiga gempa. Xinhua mewartakan, tentara telah dikirimkan ke lokasi bencana.

Gempa bumi hebat pernah mengguncang Provinsi Sichuan pada Mei 2008. Ketika itu gempa menelan korban hingga 87 ribu orang tewas atau hilang.(ANS/Ant)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.