Sukses

Jutaan Ikan Sarden Mati Kekurangan Oksigen

Jutaan bangkai ikan sarden membanjiri pelabuhan King Harbor Marina, Los Angeles, dan mengeluarkan bau tak sedap. Diduga, ikan-ikan tersebut mati lemas akibat kekurangan oksigen setelah beramai-ramai tersesat di perairan dangkal.

Liputan6.com, Los Angeles: Jutaan bangkai ikan sarden membanjiri pelabuhan King Harbor Marina, Los Angeles, dan mengeluarkan bau tak sedap. Tak hanya itu, bangkai-bangkai itu pun mengundang kawanan burung pelikan dan burung camar. Diduga, ikan-ikan tersebut mati lemas akibat kekurangan oksigen setelah beramai-ramai tersesat di perairan dangkal dekat pelabuhan, demikian dikatakan pihak berwenang.

"Ini adalah peristiwa alami. Dalam dunia memancing ini dinamakan afternoon's catch. Penjelasan sederhananya adalah ikan-ikan tersebut tersesat. Mereka bingung dan tak dapat kembali ke tempat asal," kata Andrew Hughan, juru bicara California Department of Fish and Game, seperti dilansir situs metro.co.uk, Rabu (9/3).

Hughan menjelaskan sampel air menunjukkan tidak adanya minyak atau bahan kimia yang mencemari air tempat di mana ikan-ikan sarden tersebut mati. Ia juga mengatakan uji laboratorium menunjukkan bahwa ikan-ikan tersebut mati, murni akibat kekurangan oksigen.

"Kejadian ini bukanlah hal yang perlu dikhawatirkan. Namun bau menyengat ini memang akan sangat mengganggu" imbuhnya. (Vin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini