Sukses

Tuntut Hak, Kristen-Muslim Bentrok

Kelompok minoritas Kristen di Mesir dilaporkan bentrok dengan kelompok mayoritas Muslim, dalam demonstrasi untuk persamaan hak.

Liputan6.com, Kairo: Kelompok minoritas Kristen di Mesir dilaporkan bentrok dengan kelompok mayoritas Muslim dalam demonstrasi untuk persamaan hak, demikian dilansir situs NHK, Rabu (9/3). Kelompok penganut Kristen itu sudah berulang kali melakukan aksi protes sejak sebuah gereja dibakar di pinggiran kota Kairo, Jumat lalu.

Selasa kemarin, ribuan warga penganut Kristen berkumpul di stasiun TV yang dikelola negara di Kairo. Mereka menuntut rekonstruksi gereja dan hak yang sama dengan Muslim. Mereka juga mengecam pemerintah yang dipimpin penganut Muslim karena gagal untuk mengambil langkah-langkah untuk mencegah kejahatan tersebut.

Di daerah mayoritas penganut Kristen, warga Kristen dan Muslim dilaporkan saling melemparkan batu hingga menyebabkan banyak orang terluka. Militer Mesir juga sudah memperketat keamanan untuk menenangkan situasi, dengan mengerahkan tank di dekat tempat kejadian. Namun, warga Kristen terus meningkatkan aksi gerakan protes mereka.

Hampir satu bulan setelah mantan presiden Hosni Mubarak berhasil digulingkan, para demonstran kembali menyerukan untuk segera menyusun sebuah kabinet baru dan mengakhiri korupsi. Para pengamat politik juga berpendapat, aksi protes penganut Kristen ini hanya membuat situasi semakin rumit dan memperdalam gejolak di Mesir. (Vin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini