Sukses

Kapal Pengangkut Uang Khadafi Ditahan

Sebuah kapal pengangkut kekayaan Khadafi bernilai 100 juta Pondsterling berhasil ditemukan tim patroli laut Inggris.

Liputan6.com, London: Sebuah kapal pengangkut kekayaan pemimpin Libia Muammar Khadafi bernilai 100 juta pondsterling ditemukan tim patroli laut Inggris, Jumat (4/3). Kapal yang namanya dirahasiakan itu membawa uang tunai dari pelabuhan Inggris, menuju Tripoli, Libia, pekan lalu. Namun, karena kekacauan tengah terjadi di Libia, kapal itu pun kembali ke Inggris.

Kapal itu menuju pelabuhan Harwich, Essex, Inggris. Di tenga-tengah perjalanan, kapal tersebut diperiksa petugas pelabuhan. "Wah, kapal itu berisi banyak sekali uang dinar Libia. Kami sangat terkejut begitu membongkar isinya," kata salah seorang petugas yang enggan disebutkan namanya.

Mata uang Libia memang dicetak di sebuah gudang di daerah utara Inggris. Penyitaan terhadap uang yang dicetak di Inggris ini terjadi setelah Khadafi berusaha untuk mengirim uang tunai senilai 900 juta Pundsterling. Namun, usaha pengiriman uang itu digagalkan.

Perintah larangan pengiriman uang tunai Libia itu mulai diberlakukan.  Setiap dinar Libia dilarang untuk meninggalkan Inggris hingga tahun depan. Hal ini merupakan salah satu bentuk tekanan agar Khadafi turun dari jabatannya secepatnya. (Dailymail/YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini