Sukses

Obama Tawarkan Bantuan ke Selandia Baru

Selain menyampaikan ungkapan belasungkawa, Presiden AS Barack Obama menawarkan bantuan untuk Selandia Baru yang diguncang gempa 6,3 skala Richter.

Liputan6.com, Washington DC: Banyaknya korban tewas dan cedera akibat gempa bumi 6,3 skala Richter yang mengguncang Kota Christchurch, Selandia Baru, turut mengundang keprihatinan Presiden Amerika Serikat Barack Obama. Seperti dilansir Xinhua, Rabu (23/2), Obama pun menawarkan bantuan jika diperlukan.

"Atas nama rakyat Amerika, Michelle dan saya menyampaikan belasungkawa terdalam kepada warga Selandia Baru dan keluarga korban di Christchurch, yang telah mengalami gempa bumi besar kedua hanya berselang waktu enam bulan," ucap Obama dalam sebuah pernyataan.

Gempa besar berskala 6.3 SR mengguncang kota terbesar di pulau bagian selatan Selandia Baru tersebut kemarin. Bencana ini mengakibatkan sedikitnya 75 orang tewas dan hancurnya gedung-gedung di seluruh kota. Keadaan darurat juga telah diberlakukan di wilayah tersebut oleh Perdana Menteri Selandia Baru John Key [baca: Selandia Baru Berlakukan Darurat Nasional].

Obama menambahkan, saat gempa mengguncang, pertemuan forum kerja sama AS-Selandia Baru tengah berlangsung di Kota Christchurch. Menurut Obama, hal ini membuktikan AS merupakan teman dekat dan mitra Selandia Baru. Dia juga mengatakan, pemerintah Gedung Putih setuju mengirim tim Badan Bantuan Pembangunan Internasional AS atau USAID.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Hillary Rodham Clinton juga menyampaikan belasungkawa kepada warga Selandia baru. Ia pun menyatakan, AS siap memberikan bantuan ke Christchurch.(JAY/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini