Sukses

Akibat Perang, Irak Tuntut AS 1 Miliar Dolar

Perang Irak meninggalkan berbagai masalah yang pelik. Pemerintah Irak menuntut Amerika Serikat 1 miliar dolar akibat kerusakan infrastruktur dan keindahan Baghdad yang parah oleh militer AS.

Liputan6.com, Baghdad: Perang Irak meninggalkan berbagai masalah. Irak menganggap AS sebagai perusak. Irak ingin Amerika Serikat bertanggung jawab dengan membayar 1 miliar dolar AS akibat kerusakan yang terjadi di kota-kota. Reuters mewartakan, Kamis (17/2), melalui jurubicaranya, Hakeem Abdul Zahra, Irak menyatakan tuntutan kepada Amerika Serikat dalam sebuah pernyataan.

Pemerintah Irak menuntut AS akibat infrastruktur dan keindahan Baghdad yang rusak parah pasca-masuknya militer Amerika. Kerusakan ini diakibatkan oleh kendaraan militer amfibi, serta ledakan sejak invasi yang dipimpin AS di Irak untuk menggulingkan Saddam Hussein.

"Pasukan AS mengubah kota yang indah ini sebagai kamp militer sehingga kota berubah jadi rusak dan jelek. Militer AS itu mencerminkan kebodohan dan kecerobohan yang disengaja, merusak bentuk suatu peradaban. Karena kerusakan besar yang menyebabkan kerugian di kota Baghdad. Kami menuntut pihak Amerika Serikat meminta maaf kepada rakyat Irak, serta membayar kompensasi," ujar Abdul Zahra. Ia menambahkan, "Kota Baghdad merasakan kehancuran yang telah terjadi selama bertahun-tahun. Hal itu juga telah menyebabkan kerusakan ekonomi dan moral."

Baghdad sangat membutuhkan sebuah perbaikan secara keseluruhan. Listrik mati dan sampah di mana-mana. Jalan berlubang, serta pabrik pengolahan limbah dan pipa belum direnovasi selama bertahun-tahun. (Vin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.