Sukses

PM Irlandia Mundur dari Kabinet

Perdana Menteri Irlandia Brian Cowen mengumumkan pengunduran dirinya sebagai pemimpin partai berkuasa Fianna Fail pada Sabtu (22/1).

Liputan6.com, Dublin: Perdana Menteri Irlandia Brian Cowen mengumumkan pengunduran dirinya sebagai pemimpin partai berkuasa Fianna Fail pada Sabtu (22/1). Akibatnya, kegoyahan politik semakin memburuk menjelang pemilihan umum yang dijadwalkan akan digelar pada bulan Maret mendatang.

Seperti dilansir situs NHK, Ahad (23/1), pada konferensi pers yang diadakan di Hotel Merrion Dublin, Cowen mengungkapkan alasan pengunduran dirinya karena tingkat dukungan kepada partai yang terus menurun. Tingkat dukungan yang menurun drastis ditengah krisis fiskal di Irlandia ini juga disebabkan oleh penyuntikan dana publik berjumlah besar ke bank-bank yang berada dalam status keuangan buruk.

Tahun lalu, Uni Eropa dan Dana Moneter Internasional berjanji nilai dukungan keuangan negara akan ditambah sekitar 85 miliar euro, atau 115 miliar dolar AS. Beberapa menteri kabinetnya juga mengundurkan diri dalam menentang rencana perdana menteri jika tetap menjabat.

Selain itu, Cowen juga mengatakan dia akan terus menjalankan pemerintahan sampai pemilihan umum pada Maret mendatang dan membuka jalan bagi langkah-langkah penghematan untuk segera dilaksanakan. Tetapi, Cowel berharap partai yang berkuasa saat ini akan bersatu di bawah seorang pemimpin baru untuk pemilu mendatang. (JAY/MEL)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.