Sukses

Iran Ajak Delegasi Asing Kunjungi Pusat Nuklir

Iran melakukan kampanye pembangunan program nuklir dengan mengajak delegasi negara-negara lain untuk berkunjung ke pusat nuklirnya.

Liputan6.com, Teheran: Iran bersungguh-sungguh melakukan kampanye tentang pembangunan program nuklir kepada seluruh dunia. Iran berinsitiatif mengajak delegasi negara-negara lain untuk berkunjung ke pusat nuklirnya. Situs Xinhua mewartakan, Selasa (4/1), Iran telah mengirimkan undangan kepada negara-negara yang tergabung dalam Badan Energi Atom Internasional (IAEA) untuk mengunjungi fasilitas nuklir negara itu.

Selain itu, seperti dilansir CNN, juru bicara Kementerian Luar Negeri Ramin Mehmanparast mengatakan, "Para wakil dari beberapa negara Eropa, Gerakan Non-Blok, dan anggota tetap Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (Amerika Serikat, Inggris, Prancis, Rusia dan Cina) plus Jerman, diundang untuk mengunjungi situs nuklir kami."

Saat ditanyakan mengenai kegiatan lain yang akan dilakukan selama kunjungan ke pusat nuklir, juru bicara Iran itu tidak memberikan jawaban secara rinci. Namun, sesuai jadwal, kunjungan yang dijembatani Pusat Tenaga Nuklir Iran ini akan berlangsung pada 15 dan 16 Januari mendatang.

Selama ini, Amerika Serikat dan negara-negara Barat lainnya, serta Israel memiliki ketakutan terhadap program nuklir Iran yang akan berakhir menjadi senjata nuklir. Namun, pemerintah Teheran berkali-kali menolak tudingan tersebut dengan mengatakan program nuklirnya hanya untuk tujuan damai dan demi kepentingan umum.(DES/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini