Sukses

Penembakan Jelang Natal, Belasan Tewas di Meksiko

Di Ciudad Juarez, misalnya, penembakan terkait narkotik di kota itu telah menewaskan 13 orang dalam dua hari.

Liputan6.com, Mexico City: Suasana Natal dan libur akhir tahun ternyata tak menyurutkan perang terhadap geng narkotik di Meksiko. Di Ciudad Juarez, misalnya, penembakan terkait narkotik di kota itu telah menewaskan 13 orang dalam dua hari. Demikian dikatakan beberapa pejabat setempat, Sabtu (25/12).

Sebelas korban pembunuhan ditembak Jumat silam atau sehari menjelang Natal. Sementara, dua orang tewas pada Hari Natal. Hal ini diungkapkan pihak berwenang di Negara Bagian Chihuahua di utara Meksiko.

Tahun ini tercatat lebih dari 12.000 pembunuhan terjadi dalam perang gerombolan narkotik di Meksiko. Sedangkan 30 ribu orang lagi tewas sejak Presiden Felipe Calderon melancarkan penindasan besar militer terhadap kartel. Demikian jumlah yang disiarkan pada Desember ini.

Para pejabat keamanan mengatakan mereka telah menangkap lebih dari 27 ribu tersangka anggota gerombolan narkotik sebagai bagian dari perang terhadap geng tersebut. belum lagi ada sekurangnya 17 ribu orang yang ditahan pada tahun ini.(ANS/Ant)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.