Sukses

Badai Salju Kacaukan Transportasi Udara

Badai salju di Malam Natal, Jumat (24/12), yang menyelimuti bagian Midwest AS diprediksikan akan berlanjut. Beberapa jadwal penerbangan terpaksa dibatalkan dan ditunda.

Liputan6.com, Tennessee: Badai salju di Malam Natal, Jumat (24/12), yang menyelimuti bagian Midwest AS diprediksikan akan berlanjut. Beberapa jadwal penerbangan terpaksa dibatalkan dan ditunda.

Seperti dilansir The Associated Press, setelah salju setebal 9 inci turun di Iowa pada Jumat (24/12) pagi, badai diperkirakan terus berjalan ke kawasan selatan AS, termasuk Tennessee dan Georgia pada Sabtu (25/12), kemudian bergerak lagi ke kawasan utara pada Ahad (26/12). Cuaca musim dingin ini sudah melanda kawasan Kansas timur hingga ke Kentucky dan dari Minnesota selatan ke Arkansas pada Jumat.

Menurut Badan Cuaca Nasional AS, cuaca dingin ini menjadi yang terparah serta menjadi Natal pertama dalam 17 tahun terakhir yang membuat kawasan Nashville dan Atlanta tak hanya tertutupi salju tebal tetapi juga badai salju dingin. Badai itu diperkirakan mengintensifkan kekuatannya dan terus bergerak ke timur laut pada Ahad untuk yang menuju kawasan Atlantik dan New England.

Sementara itu, juru bicara maskapai penerbangan Delta Air Lines, Morgan Durrant, mengatakan pihaknya sudah melakukan 500 pembatalan jadwal penerbangan yang mencakup 300 dari 800 keberangkatan yang dijadwalkan dari Atlanta. Dan dari pihak maskapai penerbangan Air Tran, Judy Graham-Weaver, juga sudah membatalkan dua penerbangan dari Atlanta ke Washington DC dan dari Washington DC dan Tampa.

Kedua maskapai penerbangan itu menyarankan agar penumpang untuk memonitor situs mereka dan menawarkan untuk meniadakan perubahan biaya tiket. Kawasan selatan AS diprediksi akan dilanda campuran salju serta hujan es dengan ancaman jalan yang tertutup es. (AP/YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.