Sukses

Ketua Badan Atom Iran Jadi Menlu

Ketua Badan Tenaga Atom Iran Ali Akbar Salehi diangkat menjadi Menteri Luar Negeri sementara oleh Presiden Mahmoud Ahmadinejad. Ia menggantikan Manouchehr Mottaki yang tersilap kata memuji Amerika Serikat, negara rival Teheran.

Liputan6.com, Teheran: Ada pergantian jabatan penting di Iran. Ketua Badan Tenaga Atom Iran Ali Akbar Salehi diangkat menjadi Menteri Luar Negeri sementara oleh Presiden Mahmoud Ahmadinejad di Teheran, Sabtu (18/12).

Dalam sambutannya, Salehi memprioritaskan peningkatan hubungan dengan negara tetangga, terutama Arab Saudi yang kerap khawatir dengan program nuklir Teheran. Selain itu, ia juga berencana memperkuat hubungan dengan Cina dan Rusia, pemegang hak veto dalam Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa, serta Turki yang dianggap sebagai salah satu negara penting.

Salehi juga berencana mempererat hubungan diplomatik dengan Uni Eropa. Kendati gabungan beberapa negara Eropa itu dianggapnya kerap berlaku tidak adil terhadap Iran.

Salehi menggantikan menlu sebelumnya Manouchehr Mottaki yang dipecat Ahmadinejad gara-gara memuji Amerika Serikat yang dianggapnya memiliki langkah maju, Senin silam. Pernyataan itu dilontarkan Mottaki setelah Menlu AS Hillary Rodham Clinton mengakui Iran berhak memiliki program energi tenaga nuklir untuk tujuan damai [baca: Ahmadinejad Pecat Menlu Terkait Masalah Nuklir].(ADI/ANS/AP)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini