Sukses

Kisah Malang TKI di Arab Saudi

Dua tenaga kerja Indonesia (TKI) dirawat di sebuah rumah sakit di Madinah, Arab Saudi. Mereka adalah potret kecil kisah TKI yang bernasib malang saat bekerja di Arab Saudi.

Liputan6.com, Jeddah: Sungguh malang nasib Hikmah. Maksud hati ingin mengeruk real malah terpuruk di sebuah ruangan isolasi di Wisma Kasih Sayang, Konsulat Jenderal (Konjen) Republik Indonesia di Jeddah, Arab Saudi. Hikmah dikurung karena diduga mengalami gangguan jiwa lantaran tak tahan menerima perlakuan buruk selama bekerja di negara itu.

Di tempat lain, Sumiati binti Salan Mustofa hingga kini masih dirawat di Rumah Sakit King Fahd, Madinah, Arab Saudi. Sumiati dirawat setelah mengalami
penyiksaan secara sadis oleh majikan perempuannya. Di rumah sakit ini dirawat juga Sunengsih binti Suprina. Ia jatuh dari lantai dua rumah majikannya saat berusaha kabur karena tak tahan selalu disiksa.

Kisah duka tenaga kerja Indonesia (TKI) dari tahun ke tahun sepertinya belum juga reda. Sampai sekarang sejumlah TKI bermasalah yang tinggal di kolong jembatan layang Kandarah, Jeddah, juga masih bertahan di tempat itu. Di kolong jembatan itu, tahun lalu, Halimah binti Kohar, TKI asal Cianjur, Jawa Barat, tewas karena tak segera mendapat pengobatan layak.

Jumlah TKI bersalah memang kecil dibanding tenaga kerja yang bernasib baik. Tapi, tetap saja mereka membutuhkan perlindungan dari negara yang menjuluki mereka pahlawan devisa.(IAN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.