Sukses

Rusia Tetap Bangun Bandara di Pulau Sengketa

Perdana Menteri Rusia Vladimir Putin menyatakan, negaranya berencana memperbaiki bandara di Pulau Kunashiri, salah satu pulau yang saat ini tengah menjadi sengketa dengan Jepang.

Liputan6.com, Moskow: Pulau Kunashiri yang terletak di di lepas pantai Hokkaido, Jepang, merupakan salah satu pulau yang saat ini tengah menjadi sengketa antara Jepang dan Rusia. Seperti dilansir Kantor Berita NHK, baru-baru ini, Perdana Menteri Rusia Vladimir Putin menyatakan, negaranya berencana memperbaiki bandar udara di pulau tersebut.

"Rusia siap mengeluarkan 300 juta dolar untuk memperbaiki bandara di pulau-pulau Kunashiri dan Etorofu," ucap Putin. Ia menjelaskan, perbaikan bandara di pulau itu mencakup perpanjangan landasan pacu sehingga pesawat besar dapat lepas landas dan mendarat.

Atas rencana Rusia itu, sejauh ini pemerintah Tokyo belum memberikan tanggapan. Yang terang, Jepang mengklaim kedaulatan teritorial atas pulau-pulau itu karena posisinya yang berada di wilayah kekuasaannya.

Di lain pihak, Rusia menganggap pulau-pulau itu sebagai wilayah kekuasaannya karena Kepulauan Kurils terbentang di utara Pulau Hokkaido, telah dikuasai Moskow sejak diambil alih pasukan Uni Soviet pada akhir Perang Dunia II [baca: Presiden Rusia Kunjungi Pulau Sengketa, Jepang Meradang].(DES/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.