Sukses

Kawanan Belalang Hancurkan Tanaman

Sebuah kawanan besar belalang yang tersebar di Australia telah mengakibatkan kerusakan parah tanaman akibat cuaca hangat dan hujan. Ada kekhawatiran yang berkembang bahwa belalang akan menyebar dan merusak tanaman gandum di daerah yang lebih luas lagi.

Liputan6.com, Sydney: Sebuah kawanan besar belalang yang tersebar di Australia telah mengakibatkan tanaman rusak parah akibat cuaca hangat dan hujan, demikian dilansir situs NHK, Senin (6/12).

Kawanan belalang ini sudah memenuhi area di kawasan timur Australia sejak bulan September lalu, karena iklim cuaca hangat dan hujan. Ini dilaporkan menjadi kawanan belalang terbesar dalam 75 tahun terakhir di Australia.

Daerah yang terkena kebanyakan area perkebunan lumbung gandum dan jelai. Seorang petani di daerah tersebut mengatakan kawanan belalang telah melahap semua gandum miliknya dalam waktu sehari. Pihak Pemerintah dan pemilik tanah telah melakukan penyemprotan insektisida. Kerugian ini dapat diprediksikan mencapai setinggi 1,9 miliar dolar AS.

Kawanan belalang ini dapat melakukan perjalanan hingga ratusan kilometer dalam satu malam. Ada kekhawatiran yang berkembang bahwa belalang akan menyebar dan merusak tanaman gandum di daerah yang lebih luas lagi. (NHK/Vin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini