Sukses

Korsel Siapkan Jet Tempur Gempur Korut

Menhan Korsel menyatakan akan memukul penyerang dengan telak, jika Korea Utara melancarkan serangan militer lagi. Pernyataan resmi menteri pertahanan Korsel yang baru Kim Kwan-Jin, itu diutarakan di depan parlemen. Serangan itu dilakukan lewat udara.

Liputan6.com, Seoul: Menteri pertahanan Korea Selatan, seperti dikutip AFP Jumat (3/12), menyatakan akan memukul penyerang dengan telak, jika Korea Utara melancarkan serangan militer lagi. Pernyataan resmi menteri pertahanan Korsel yang baru Kim Kwan-Jin, itu diutarakan di depan parlemen. Serangan itu akan dilakukan dengan pesawat-pesawat tempur canggih lewat udara.

Kim mengatakan Korsel akan menggunakan haknya untuk mempertahankan diri dan 'menghukum penyerang dengan telak sampai sumber permusuhan itu dimusnahkan.' Pernyataan Kim ini berkaitan dengan penyerangan Korut ke wilayah sipil Korsel di Yeongpyeong. Penyerangan Korut ini merupakan penyerangan pertama sejak perang Korea 1950-1953.

Pasukan gabungan AS-Korsel kini terus mengamati perkembangan secara seksama. Kim juga mengatakan, Korut kini sedang dalam kondisi yang sulit. Bukan hanya menyangkut ekonomi, tapi juga berkaitan dengan masa transisi kekuasaan dari pemimpin Kim Jong-Il kepada putranya Kim Jong-Un. Karena itu, kemungkinan perang secara penuh peluangnya kecil.

Di Korsel kini terdapat sedikitnya 28.500 personel militer Amerika Serikat. Mereka tergabung dalam pasukan gabungan yang secara teknis di bawah komando PBB. (Ant/Vin)





* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini