Sukses

Qantas Operasikan Kembali Airbus A380

Qantas Airways mengumumkan, Selasa (23/11), siap mengoperasikan kembali armada pesawat Airbus A380 pada akhir pekan ini dan sekaligus mengakhiri pelarangan operasi pesawatnya terkait masalah mesin.

Liputan6.com, Sydney: Qantas Airways mengumumkan, Selasa (23/11), siap mengoperasikan kembali armada pesawat superjumbo A380 pada akhir pekan ini dan sekaligus mengakhiri pelarangan operasi pesawatnya terkait masalah mesin. CEO Qantas Airways Alan Jocye mengatakan, enam A380 segera beroperasi dan dua lainnya akan melayani penumpang pada Natal mendatang.

Keputusan untuk mengembalikan operasi pesawat diambil setelah mengikuti pemeriksaan secara mendalam dan perbaikan dalam konsultasi dengan Airbus dan Rolls-Royce, pembuat mesin Trent 900 yang dipakai A380.

"Setelah dicek secara ekstensif dengan Airbus dan Rolls-Royce, kita benar-benar merasa tenang. Pesawat itu sudah dikandangkan selama 19 hari dan kami yakin sekarang waktu yang tepat untuk memulai kembali layanan pada pekan ini," kata Joyce dalam konferensi pers di Sydney

Namun, penyelidikan masih dilakukan untuk menginvestigasi penyebab utama rusaknya mesin Rolls-Royce Trent 900 pada Qantas A380 yang lepas landas darurat dari Singapura pada 4 November lalu. Pihak berwenang juga telah menunjukkan kebakaran disebabkan oleh minyak bocor.

Maskapai penerbangan lain yang juga menggunakan A380, termasuk Singapore Airlines dan Germany's Lufthansa, yang juga sempat melakukan pengecekan mesin (AP/YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.