Sukses

Cegah HIV, Paus Restui Penggunaan Kondom

Setelah puluhan tahun Gereja Katolik menentang penggunaan kondom, akhirnya Paus Benediktus XVI merestui nya. Namun restu pemakaian kondom khusus untuk mengurangi risiko infeksi dari HIV/AIDS.

Liputan6.com, Berlin: Setelah puluhan tahun Gereja Katolik menentang penggunaan kondom, akhirnya Paus Benediktus XVI merestui nya. Namun restu pemakaian kondom khusus untuk mengurangi risiko infeksi dari HIV/AIDS.

"Gereja Katolik tidak sepenuhnya menolak penggunaan kondom. Tentunya, ini bukan solusi moral yang sesungguhnya. Dalam kasus ini, penggunaan kondom tujuannya untuk mengurangi risiko infeksi menular, kondom bisa menjadi langkah awal," kata Paus seperti dilansir Telegraph, Ahad (21/11).

Paus menegaskan, ini merupakan kebijakan yang terbaik dalam melawan penyakit yang mematikan. Dalam beberapa keadaan penggunaan kondom lebih baik untuk melindungi hidup manusia.

Keputusan Paus ini ditujukan khusus untuk menghentikan penyebaran infeksi ke pasangan mereka, khususnya di Afrika tempat penyakit ini tumbuh dengan 'subur'.

Selama ini kritik berdatangan karena Paus Benediktus XVI menentang alat kontrasepsi, termasuk kondom. Paus mengatakan kondom justru menimbulkan masalah kesehatan dan tidak  banyak membantu pengendalian virus.(MEL)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.