Sukses

Presiden Irak Tolak Tandatangani Hukuman Mati Aziz

Aziz adalah pendukung mantan Presiden Saddam Hussein yang paling setia. Bulan lalu, dia dinyatakan bersalah dan divonis hukuman mati atas kejahatan yang tidak berperikemanusiaan.

Liputan6.com,Irak: Presiden Irak Jalal Talabani tidak akan menandatangani hukuman mati terhadap mantan Wakil Perdana Menteri Irak Tariq Aziz. Dalam wawancara di sebuah stasiun televisi, baru-baru ini, Talabani mengatakan akan menolak menandatangani hukuman mati terhadap Aziz.

Aziz adalah pendukung mantan Presiden Saddam Hussein yang paling setia. Bulan lalu, dia dinyatakan bersalah dan divonis hukuman mati atas kejahatan yang tidak berperikemanusiaan. Dia didakwa menganiaya anggota Partai Keagamaan Syiah pada 1980.

Beberapa warga Irak menunjukkan simpati terhadap mantan wakil perdana menteri tersebut karena mereka mengatakan Aziz tak secara langsung terlibat dalam kekejaman terhadap Syiah. Sebelumnya, Amerika Serikat dan Uni Eropa menyatakan prihatin atas serangkaian serangan yang baru-baru ini menargetkan kelompok minoritas Kristen di Irak.(NHK/ULF)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.