Sukses

Hu Jintao, Paling Berpengaruh Versi Forbes

Presiden Cina Hu Jintao diumumkan sebagai orang paling berpengaruh di antara 75 orang yang terpilih di seluruh dunia. Dia mengalahkan Presiden AS Barack Obama yang menduduki peringkat kedua.

Liputan6.com, New York: Presiden Cina Hu Jintao diumumkan sebagai orang paling berpengaruh di dunia di antara 75 orang yang terpilih, sekaligus mengalahkan presiden AS Barack Obama yang menduduki peringkat kedua, Kamis (4/11).
 
Presiden berusia 67 tahun ini juga dikenal sebagai pemimpin politik tertinggi di dunia yang bisa mengontrol lebih dari 1,3 miliar penduduknya, seperlima dari populasi manusia di dunia. Tidak seperti rekan-rekannya di negara Barat, Hu dapat mengalihkan sungai, membangun kota, memenjarakan pembangkang, dan mensensor internet tanpa campur tangan dari birokrasi sulit pengadilan.
 
Menurut prediksi, Cina juga siap untuk mengambil alih posisi AS sebagai negara dengan perekonomian terbesar dunia dalam 25 tahun, meskipun bukan didasari pendapatan per-kapita. Kreditur bangsa ini juga memiliki cadangan terbesar di dunia yang mencapai US$2,65 triliun - US$ 1,5 triliun dalam kepemilikan dolar AS. Kebijakan Hu juga menolak untuk bersujud pada tekanan dollar AS untuk mengubah rezim nilai tukarnya.
 
Cina juga memimpin dalam hal keamanan dengan memiliki tentara terbanyak di dunia. Dan Hu juga sudah merencanakan untuk memilih sendiri pengganti posisinya dalam kepresidenan Cina pada 2012 mendatang.(Forbes/ADO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.