Sukses

Arab Saudi Tindak Keras Haji Ilegal

Wakil Gubernur Mekkah, Dr Abdul Aziz Khudairi menegaskan, pihaknya akan mengenakan sanksi dan hukuman tegas bagi para pelaku yang membantu memasukkan jamaah haji gelap atau ilegal ke Mekkah.

Liputan6.com, Jeddah:   Pemerintah Arab Saudi prihatin atas banyaknya haji ilegal, Wakil Gubernur Mekkah, Dr Abdul Aziz Khudairi menegaskan, pihaknya akan mengenakan sanksi dan hukuman tegas bagi para pelaku yang membantu memasukkan jamaah haji gelap atau ilegal ke Mekkah.

Hal itu diungkapkan Abdul Aziz Khudairi pada acara peluncuran Komite Monitoring Pelaksanaan Ibadah Haji di Kota Mekkah, yang diikuti oleh 250 pejabat pemerintah, demikian diberitakan harian Okaz, Senin (25/10). Pemerintah, kata Abdul Aziz, akan memberikan penghargaan bagi mereka yang bekerja sama dalam mensukseskan pelaksanaan ibadah haji. "Komite ini akan menangkap dan menghukum siapa saja yang mencoba yang melanggar peraturan haji," ucapnya.

Abdul Aziz mengatakan, komite ini memiliki kemampuan dan kekuatan untuk mencegah dan mengambil tindakan tegas kepada siapa saja yang melanggar aturan tersebut, khususnya mereka yang berusaha membantu dan memasukkan jamaah haji ilegal ke Mekkah.

Ia menambahkan, ibadah haji merupakan ritual suci yang menjadi tanggung jawab bersama antara pemerintah, warga negara serta seluruh rakyat Arab Saudi, untuk melakukan upaya-upaya pencegahan terhadap masuknya jemaah haji tanpa izin. (Ant)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.