Sukses

Ledakan Bus di Filipina Tewaskan 9 Orang

Sebuah bom rakitan yang meledak di sebuah bus pada Kamis (21/10( di Filipina selatan telah menewaskan sembilan orang dan melukai 20 orang lainnya, demikian yang dikatakan pihak berwenang setempat.

Liputan6.com, Cotabato: Sebuah bom rakitan yang meledak di sebuah bus pada Kamis (21/10) di Filipina bagian selatan telah menewaskan sembilan orang dan melukai 20 orang lainnya, demikian yang dikatakan pihak berwenang setempat.

Ledakan itu terjadi pada Kamis pagi di jalan tol Kabacan-Matalam di kota Matalam, North Cotabato, di pulau Mindanao.

Pengendara bus tewas seketika dan kemungkinan penyebab ledakan bom ini adanya motif pemerasan, kata direktur regional polisi Gil Meneses.

Menurut kantor berita Filipina, perusahaan bus yang melayani perjalanan antara Cotabato-Cagayan telah menerima ancaman pemerasan dari berbagai kelompok. Sebelum meledak, di bus tersebut ada aksi pembunuhan dan melukai beberapa penumpang bus.

Kelompok Abu Sofia dan Al-Khobar, keduanya yang terkait dengan kelompok separatis Muslim Abu Sayyaf disalahkan atas serangan ini.

Maguindanao merupakan bagian dari daerah otonom mayoritas Muslim di Mindanao, yang didirikan pada 1990-an untuk menumpas pemberontakan bersenjata oleh orang-orang yang ingin membentuk negara Muslim independen di Filipina.(CNN/AYB)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.