Sukses

Rombongan Calhaj Indonesia Tiba di Mekkah

Rombongan pertama calon haji Indonesia dari Madinah sudah tiba di Mekkah. Mereka rencananya akan langsung melaksanakan ibadah umrah di Masjidil Haram.

Liputan6.com, Mekkah: Gelombang pertama jemaah calon haji Indonesia dari Madinah kemarin siang tiba di Mekkah. Rombongan ini berjumlah 2.277 orang berasal dari enam kelompok terbang (kloter). Menurut Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Syairozi Dimyati, Rabu (20/10) waktu setempat, proses kedatangan gelombang ini berjalan lancar.

Jemaah haji kloter satu Medan, Sumatra Utara ini, tiba menggunakan sembilan bus. Mereka datang di pos pemeriksaan awal perbatasan kota Mekkah yakni di daerah Jumum.

Mereka berangkat dari Madinah setelah salat Subuh sekitar pukul 06.00 waktu setempat. Rombongan ini harus menempuh waktu perjalanan selama tujuh jam untuk sampai di Mekkah. Mereka yang sudah berniat (miqot) di Madinah dan langsung berpakaian ihram tersebut, rencananya akan langsung melaksanakan ibadah umrah di Masjidil Haram.

Kloter satu Medan berjumlah 455 orang. Namun dalam kedatangan ini, satu orang jamaah terpaksa berada di Mekkah lebih cepat dari jadwal disebabkan sakit. Sehingga total kedatangan berjumlah 454 orang.

Mereka mendapat tempat di sektor lima Mekkah dengan nomor gedung 532 B. Gedung berlantai 10 tersebut terletak di daerah Jumaizah Mekah dan masuk dalam ring satu atau berjarak sekitar 1,4 kilometer dari Masjidil Haram.(IAN/Ant)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini