Sukses

Tiga Penambang Boleh Pulang

Tiga dari 33 penambang yang diselamatkan setelah 69 hari terperangkap di tambang San Jose di Cile, telah keluar dari rumah sakit dan diperbolehkan pulang.

Liputan6.com, Santiago: Tiga dari 33 penambang yang diselamatkan setelah 69 hari terperangkap di tambang San Jose di Cile, telah keluar dari rumah sakit dan diperbolehkan pulang. Semua penambang mendapat perawatan yang baik dan banyak dari mereka akan pulang pada hari ini. Demikian laporan pejabat setempat, Jumat (15/10) [baca: Akhirnya, Seluruh Penambang Berhasil Diselamatkan].

Sebelumnya, para penambang dikunjungi Presiden Sebastian Pinera. Sang Presiden berjanji pekerja Cile tidak akan diizinkan bekerja dalam kondisi yang tidak manusiawi lagi. Dalam perbincangan bersama wartawan di Rumah Sakit Copiapo, Wakil Direktur Medis dokter Jorge Montes mengatakan, kondisi seluruh penambang dan perawatan yang diberikan berjalan sangat baik [baca: Tujuh Ekspresi Pertama Setelah Diselamatkan].

"Kami percaya tiga penambang akan diperbolehkan untuk pulang dan lainnya akan menyusul. Mereka hanya perlu menggunakan kacamata jika  terkena cahaya yang kuat," ujar Montes menambahkan. Namun, ia memperingatkan kondisi psikis pasien adalah sesuatu yang tidak dapat diprediksi.

Adapun Kepala Kesehatan Regional Paola Newman mengatakan, nama-nama pasien tersebut sangat dijaga untuk melindungi privasi mereka. Newman menjelaskan, 33 penambang berada bersama dalam masa perawatan dalam sebuah ruangan dan cukup senang dapat bertemu lagi.(ANS/BBC)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini